CARA SCAN DOKUMEN DENGAN PRINTER CANON MP237

Tags

Cara Sangat Mudah Scan Dokumen Dengan Printer Canon

Walaupun sudah ada software bawaannya, tapi masih banyak yang bingung bagaimana cara scan dokumen dengan printer canon. Tidak masalah, asalkan anda masih mau mencari tahu caranya.

Kali ini saya menggunakan printer canon mp237 sebagai bahan untuk melakukan scanning. Sebenarnya, tahapannya mirip dengan cara scan dengan printer canon lainnya seperti mp287, mg2570, e400, mp258 bahkan printer lainnya seperti epson dan hp.

Karena printer anda include scanner artinya scanner dan printer jadi satu perangkat maka anda selain mendapatkan software atau driver printer anda juga dapat software scanner.

printer canon mp237

Software scanner ini biasanya disebut utility dari printer yang anda beli. Ketika melakukan install driver maka secara otomatis software scanner juga terinstall.

Scanner sangat penting sekali untuk scan dokumen. Biasanya scanner digunakan untuk scan ktp, sim, kk, akte kelahiran, surat nikah dan lain sebagainya tergantung kebutuhan. Pada umumnya hasil scan akan disimpan berupa file *.pdf atau gambar seperti *.jpg *.jpeg.

Namun, apabila anda ingin mengirimkan hasil scan yang anda miliki sebaiknya menggunakan format *.pdf karena akan lebih mudah. Oke mari kita mulai cara scan dokumen dengan printer canon mp237.

1. Siapkan printernya terlebih dahulu

Maksudnya dari menyiapkan printer adalah pastikan printer dalam keadaan ready. tidak sedang dalam keadaan ngeprint.

Usahakan printer anda tidak dalam multitasking jadi mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus misalnya ngeprint sambil nyeken, itu sangat tidak disarankan. Bisa-bisa printer anda akan hang alias not responding.

Kabel power dan kabel usb sudah terhubung dengan baik sehingga memang benar-benar siap digunakan nyeken.

2. Hidupkan printer dan masukkan dokumen yang akan di scan

Anda bisa mulai dengan menghidupkan printer, kemudian anda bisa masukkan dokumen yang akan anda scan dengan membuka tutup pada bagian atas.

Letakkan dokumen dengan posisi terbalik artinya halaman yang akan discan menghadap ke bawah kemudian tutup printer.

3. IJ Scan Utility

Ini adalah software scanner yang sudah terinstal di komputer anda ketika melakukan install printer di awal. Apabila belum ada, coba di install kembali utility ini agar bisa nyeken.

Untuk memulainya anda bisa klik 2x pada "IJ Scan Utility" ada pada desktop. Kalau tidak ada cari di start menu. Maka akan muncul dialog scan.

Pilih "scan" - pilih "scan document". Tunggu proses scan hingga selesai. Tandanya akan muncul kotak dialog yang menampilkan hasil scan dokumen anda.


4. Proses scan selesai

Anda bisa temukan file tersebut di lokasi penyimpanan "IJ Scan Utility"

Pada langkah ini proses scan dokumen anda sudah berhasil. Secara default hasil scan akan tersimpan dalam format *.pdf sehingga anda sudah siap untuk mengirim hasil scan anda melalui email, di copy ke flashdisk atau memory.

Itulah langkah mudah cara scan dokumen dengan printer canon semoga menjadi solusi bagi anda yang sedang bingung melakukan scan menggunakan printer canon...