CARA MENGINSTAL DAN MEMPERBAIKI PRINTER CANON IP 2770

Tags

Cara Menginstal dan Memperbaiki Printer Canon IP 2770

Cara instal printer canon merupakan langkah pertama yang di perlukan setelah membeli printer baru agar bisa digunakan untuk mencetak dokumen. Dengan mengetahui cara menginstal printer canon ini anda diharuskan untuk menginstall hardware maupun software driver.

cara menginstal printer canon,cara memperbaiki printer canon ip 2770

Cara instal printer canon ini sangatlah mudah syukur-syukur anda sudah tau dan bisa melakukan installasi sendiri. Namun bagi anda yang belum tau bisa mengikuti panduan installasi di postingan ini. Hal ini akan lebih memudahkan anda daripada anda harus repot pergi panggil tukan service untuk melakukan perbaikan terhadap printer dan komputer anda.

Untuk itu kami tulis tips berikut ini, artikel ini ditulis dengan step by step agar lebih mudah memahami cara instal printer canon ini, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Saat petama kali membeli printer akan disertakan 1 buah CD yang disertakan didalamnya. Masukkan CD tersebut ke komputer atau laptop anda tunggu beberapa saat akan keluar autorun installer cd tersebut klik 2 kali pada file setup.
  2. Setelah anda melakukan klik akan dimulai step ke berikutnya yaitu anda bisa memilih daerah tempat tinggal anda pilih Asia kemudian klik Maju.
  3. Ke step selanjutnya anda akan ditujukan ke pemilihan tempat tinggal anda berasal pilih Indonesia klik Maju.
  4. Pilih Install Mudah yang dianjurkan untuk melakukan instalasi printer dengan mudah.
  5. Terdapat dua pilihan yaitu Install Serasi dan Install Mudah sebagai rekomendasi sebaiknya anda memilih Install Mudah untuk melakukan proses instalasi dengan mudah dan cepat. Untuk itu klik Instal Mudah.
  6. Dalam paket install mudah ada beberapa paket anda tidak pelu memilihnya karena sudah otomatis untuk selanjutnya langsung saja klik Instal.
  7. Akan muncul persetujuan lisensi produk dari canon pilih Ya dan klik Maju untuk tahap berikutnya.
  8. Maka progres proses instal akan tampil dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  9. Tahap selanjutnya setelah proses instalasi maka akan muncul permintaan sambungan koneksi antara printer dan komputer, dalam tahap ini pastikan lagi bahwa printer dan komputer sudah terhubung dengan baik yaitu koneksi kabel USB yang sudah tertancap di slot USB komputer. Pastikan juga bahwa power printer telah dinyalakan sehingga printer dan komputer dapat terdeteksi dan terkoneksi.
  10. Akan ditujukan ke Penjajaran Kepala Cetak anda tinggal lanjutkan saja klik Maju.
  11. Klik maju dialog ini hanya menerangkan bahwa pengetesan telah selesai dilakukan.
  12. Anda bisa memilih Setuju atau Tidak Setuju hanya survey program dari menu iformasi produk canon.
  13. Setelah itu step berikutnya terdapat keterangan bahwa instalasi sudah selesai dan sukses. Maka anda telah berhasil melakukan installasi.
cara instal printer canon

Selanjutnya anda bisa tes dengan cetak dokumen misalnya dari microsoft word, notepad, gambar dan lain sebagainya untuk memastikan printer dapat mencetak dangan baik, lihat juga kualitas warna yang di hasilkan. Jika printer sudah berhasil di install maka printer tersebut akan berada pada posisi default pada saat pemilihan printer pada waktu cetak dokument. Langkah mudah untuk mencetak sebagai shortcut yaitu dengan menekan CTRL + P.

Cara Memperbaiki Printer Canon IP 2770

Printer canon ip 2770 tergolong murah untuk harganya namun dengan beberapa lama dan jangka waktu pemakaian yang sering digunakan pastilah akan menemui masalah yang akan terjadi para printer jenis ini. Beberapa kategori kerusakan yang terjadi yaitu kerusakan software dan hardware yang ada pada printer canon tersebut dengan cara memperbaiki printer canon ip 2770 anda lebih hemat.

Sebenarnya banyak sekali masalah yang terjadi namun sebenarnya masalah tersebut sangat sepele dan tak jarang pengguna kadang terlalu panik sehingga langsung membawa ke tukan service padahal bisa ditasi dengan cara menekan tombol dalam beberapa menit saja karena mungkin ketidak tahuan dari pengguna. Dengan mengetahui cara megatasinya anda bisa lebih berhemat dan bisa merawat printer anda dengan baik. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membawanya ke tukan service. Berikut ini bebera masalah yang sering terjadi pada printer canon cara memperbaiki printer canon adalah sebagai berikut :

1. Lampu LED Printer Ngeblik Menyala Sekitar 13 Kali
Cara mengatasinya adalah dengan mematikan tombol power printer kemudaian melepaskan cartridge dan ambil tissue dan bersihkan pada bagian konektor yang terdapat pada cartridge setelah itu cartridge dipasang kembali dan hidupkan printer. Kemudian lakukan reset count cartridge yang sedang error pada desktop sehingga peringatan tersebut hilang dengan cara menekan tombol resume hingga kurang lebih sekitar 10 detik. Apabila kendala tersebut terjadi lagi ana bisa mengulangi langkah tersebut.

2. Hasil Cetak Terputus-Putus
Sediakan air hangat untuk merendam bagian cartridge untuk mengeluarkan tinta. Hal ini dimaksudkan untuk membersihkan tinta yang menggumpal dan sudah menumpuk pada bagian ujung cartridge. Ambil tissue atau kain halus untuk membersihkannya hingga cartridge kering. Apabila kurang maksimal anda bisa menggunakan alkohol untuk membersihkannya.

Lakukan cleaning dengan masuk pada Start – Setting – Printer and Faxes. Klik kanan pada canon printer pixma ip 2770 – properties – maintenance – pilih cleaning atau deep cleaning.

Hal ini dilakukan hingga di test cetak menghasilkan cetakan yang bagus. Apabila cara ini sudah tidak mentok tidak bisa maka cartridge memang sudah berumur anda bisa alokasikan uang untuk membeli cartridge yang baru untuk printer tersebut.

cara memperbaiki printer canon

3. Paper Jam
Masalah ini terjadi ketika anda ingin mencetak dokumen tetapi kertas tidak bisa keluar. Hal ini biasanya terjadi karena kendala pada penarik kertas atau kertas menekuk pada ujungnya sehingga sulit di tarik oleh printer. Selain itu bisa terjadi karena terdapat penghalan pada alur kertas misalnya kerikil atau benda lain yang masuk kedalam printer. Coba anda tekan tombol reset hingga printer bisa mencetak kembali. Apabila masih tidak bisa anda cek di bagian penarik kertas printer.

4. Status Cartridge Tidak Terpasang
Pada layar monitor biasanya terdapat kotak dialog indikator yang menandakan bahwa cartridge belum terpasang padahal cartidge anda sudah tertancap di printer. Hal ini biasanya cartridge dan printer melakukan penyesuaian misalnya hal ini terjadi pada saat anda mengganti cartidge baru. Silahkan tekan tombol reset kurang lebih 5 detik sehingga printer dapat mencetak dokumen kembali seperti biasa, apabila cara ini belum berhasil anda bisa mencoba dengan melepas cartridge dan kemudian memasangnya kembali hidupkan printer kemudian bisa melakukan proses cetak.

Demikian tips yang sederhadan ini bisa di jadikan referensi dan semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan tentunya. Baca Juga :