CARA MENCETAK FOTO DENGAN PRINTER: 6 POIN PENTING HASILKAN KUALITAS SUPER TERBAIK

Tags

Cara mencetak foto dengan printer agar menghasilkan kualitas yang terbaik. Tidak sembarangan, berbeda caranya cetak foto dengan dokumen biasa.

Kalau anda mencetak dokumen dengan menggunakan microsoft word tinggal atur ukuran kertas, cetak dan beres. Maka dokumen anda akan tercetak dengan baik.

Lain halnya dengan photo, walaupun sudah banyak yang tahu cara mencetak foto tapi masih ada juga yang hasil cetakannya tidak bagus.

tips cetak foto

Mungkin saat ini anda ingin mencetak foto tapi tidak tahu caranya, atau anda tahu caranya cuma tidak hasil cetakan cenderung tidak memuaskan. Hasilnya sering buram dan tidak enak di pandang.

Tenang saja, artikel ini khusus bagi anda yang mengalami hal seperti itu. Khusus saya tulis dan memang sengaja untuk membantu anda agar hasil cetakan foto lebih memuaskan. Anda perhatikan terlebih dahulu hal-hal yang mempengaruhi kualitas foto.

Cara Mencetak Foto Dengan Printer Dengan Hasil Yang Sangat Memuaskan


1. Gambar atau foto

Gambar atau foto ini sangat berpengaruh terhadap hasil cetakan. Apabila anda mengambil gambar dengan foto yang bagus misalnya pixel kamera besar maka hasilnya akan lebih jernih ketimbang menggunakan kamera dengan pixel kecil.

Apalagi anda memang khusus atau bergelut di bidang foto. Maka sangat penting hasil jepretan anda harus mempunyai kualitas yang tinggi. Sehingga mudah untuk di edit dan hasilnya lebih memuaskan. Karena menggunakan kamera tidak bagus hasilnya juga tidak bagus. Tentu anda harus memilih kamera dengan kualitas terbaik.

2. Program atau aplikasi pengolah gambar yang anda gunakan

Banyak aplikasi atau program pengolah gambar yang bisa anda gunakan misalnya adobe photoshop. Aplikasi ini memang khusus untuk manipulasi foto.

Namun perlu diingat teknik penggunaan adobe photoshop juga tidak sembarangan. Usahakan hasil editing foto anda disimpan dengan kualitas yang maksimum.

3. Printer yang anda gunakan

Ada printer yang digunakan untuk mencetak dokumen biasa, ada pula printer yang khusus buat foto. Anda bisa menggunakan yang khusus buat foto. Tujuannya agar hasil cetakan anda bagus.

Karena printer sering digunakan, tidak jarang juga kualitasnya menurun. Cartridge sudah mulai aus. Anda juga perhatikan hal ini. Sebaiknya dalam penggunaan printer lebih di perhatikan lagi. Misalnya, anda tidak boleh mencetak dokumen biasa dan banyak dengan printer foto.

Tujuannya menjaga printer agar tidak cepat aus. Jadi printer foto usahakan untuk foto saja.

4. Kertas yang anda gunakan

Kertas untuk mencetak foto ada sendiri. Anda bisa menggunakan kertas foto dengan kualitas yang bagus. Pada umumnya kertas foto mengguakan kertas glossy. Anda bisa mendapatkannya di toko stationary.

5. Tinta printer yang anda gunakan

Untuk mengirit penggunaan printer, biasanya ada juga orang yang menggunakan tinta yang tidak umum. Tujuannya agar lebih murah sehingga lebih hemat dalam penggunaan.

Tapi, hal ini juga beresiko terhadap cartridge atau printer yang ada gunakan. Usahakan dalam menggunakan tinta printer pilih tinta yang berkualias tinggi dan standart. Jangan gonta ganti cartridge karena hasilnya akan berpengaruh dan jelek.

6. Settingan Printer Properties

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya bahwa untuk mencetak foto setinggannya tidak sama dengan dokumen biasa. Anda bisa masuk ke properties printer dan setting seperti ini pada tab "Main".
  • Quality Option : Best Photo
  • Paper Option Type : Glossy dan sizenya sesuaikan juga misalnya A4
  • Print Option : PhotoEnhance beri centang
  • Orientation : Sesuaikan "Portrait" atau "Landscape"

Dengan memperhatikan poin cara mencetak foto dengan printer di atas, saya yakin kualitas cetak foto anda akan lebih baik bahkan berkualitas tinggi. Coba saja, kalau selama ini anda tidak memperhatikan hal-hal di atas coba di ubah. Dan bandingkan bagaimana hasilnya. Semoga membantu ya...